Senin, 14 Agustus 2023

LEBAR SEPUR : BERAPA LEBAR STANDAR JALAN REL DI INDONESIA?

LEBAR SEPUR (TRACK GAUGE) YANG DIGUNAKAN di INDONESIA

Ukuran lebar jalan rel (track gauge), yang di Indonesia biasa dikenal sebagai "lebar sepur", adalah jarak antara kedua rel dalam satu sepur (jalur tunggal) atau jarak antara sisi terdalam rel ke sisi terdalam rel disebelahnya. Menurut PM 60 Tahun 2012 tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api, lebar sepur diukur pada daerah 0-14 mm di bawah permukaan teratas kepala rel. 

Pengukuran lebar sepur jalur kereta api
sumber: dokumentasi pribadi


Toleransi lebar sepur jalan rel yang dapat diterima adalah +2 mm dan 0 mm untuk jalan rel baru, dan +4 mm dan -2 mm untuk jalan rel yang telah dioperasikan. 


sumber: PM No. 60 Tahun 2012 tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api


Rata-rata lebar sepur yang digunakan di Indonesia adalah 1.067 mm (1 meter 67 milimeter). Beberapa tahun belakangan pembangunan jalur kereta baru yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian di Provinsi Sulawesi Selatan dan Aceh menggunakan lebar sepur 1435 mm. Selain itu Kereta Cepat Jakarta Bandung juga menggunakan lebar sepur 1435 mm. 


ALAT UKUR LEBAR SEPUR 

Track Gauge Measure atau yang dalam dunia perkeretaapian di Indonesia biasa disebut Matisa (merk) adalah alat yang digunakan untuk mengukur lebar sepur jalur kereta api. alat ini berupa sebuah batangan logam aluminium yang ringan dan dapat dibawa dengan mudah. Dilengkapi dengan meter pengukur dan Nivo water pass. Selain digunakan untuk mengukur lebar sepur alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur peninggian jalan rel dan lebar celah rel gongsol (apa itu rel gongsol? akan kita bahas pada artikel selanjutnya ya..!).  


sumber: dokumentasi pribadi


MACAM-MACAM LEBAR SEPUR DI SELURUH DUNIA

Di seluruh dunia, terdapat beberapa macam ukuran lebar sepur yang digunakan dalam sistem transportasi kereta api. Setiap ukuran lebar sepur memiliki sejarah dan alasan teknisnya masing-masing, dan penggunaannya dapat berbeda-beda antar negara atau wilayah. Penggunaan lebar sepur yang berbeda di berbagai negara sering kali berkaitan dengan sejarah pembangunan sistem jalan rel di masing-masing wilayah, serta pertimbangan teknis kondisi geografis dan ekonomi yang berbeda pula.


Dilansir dari beberapa artikel pada google.com, berikut adalah beberapa ukuran lebar sepur yang umum dijumpai di berbagai belahan dunia antara lain:


1. Lebar Sepur Standar Internasional (Standard Gauge) 

Lebar sepur ini memiliki ukuran 1.435 mm (4 kaki 8½ inci). Lebar sepur standar internasional banyak digunakan di negara-negara Eropa, Amerika Utara, dan beberapa wilayah lain di dunia. Ini adalah ukuran yang paling umum digunakan di negara-negara maju dan sering digunakan untuk rel kereta cepat dan kereta barang.


2. Lebar Sepur Lebar (Broad Gauge) 

Lebar sepur lebar memiliki variasi ukuran, tetapi umumnya lebih lebar dari lebar sepur standar. Contohnya adalah lebar sepur lebar 1.676 mm yang banyak digunakan di India, Australia, dan beberapa negara lainnya. Tujuan utama dari lebar sepur lebar adalah meningkatkan stabilitas dan kapasitas angkutan barang.


3. Lebar Sepur Sempit (Narrow Gauge) 

Lebar sepur sempit adalah lebar sepur yang lebih sempit dari lebar sepur standar. Ukuran lebar sepur sempit dapat bervariasi dari sekitar 762 mm hingga 1.067 mm. Lebar sepur sempit umumnya digunakan di wilayah-wilayah dengan topografi yang sulit. Contoh negara yang menggunakan lebar sepur sempit adalah Jepang, dan Indonesia.


4. Lebar Sepur Super Lebar (Broadest Gauge) 

Beberapa negara memiliki lebar sepur yang sangat lebar, seperti lebar sepur 1.520 mm (5 kaki) yang digunakan di Rusia dan beberapa negara bekas Uni Soviet. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kapasitas angkutan barang.


5. Lebar Sepur Variabel (Variable Gauge) 

Teknologi lebar sepur variabel memungkinkan kereta untuk beroperasi pada lebih dari satu lebar sepur. Ini berguna di tempat-tempat di mana ada pertemuan antara jalur yang berbeda lebar sepurnya. Teknologi ini dapat menghemat waktu dan biaya peralihan antar-lebar sepur.

sumber: https://www.pandrol.com/

Demikian pembahasan singkat kita kali ini tentang lebar sepur jalur kereta api. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LENGKUNG : TIKUNGAN PADA JALAN REL

Dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi, baik itu jalan raya maupun rel kereta api pastinya akan ada halangan atau rintangan yang ...